Monday, May 10, 2010

Tips Supaya Ramping

Melewatkan Lemak Baik
Tanpa lemak sama sekali berarti hanya mengandalkan kalori dari karbohidrat ( gula dan sumber makanan pokok lainnya). Ini cara diet yang keliru. Karena di dalam tubuh, bila dikonsumsi berlebihan, kedua sumber makanan itu akan diolah menjadi lemak. Lagi pula mengurangi lemak secara drastis bisa menimbulkan risiko kanker, dan tidak akan membantu anda meraih penurunan berat badan permanen. Soalnya tanpa kehadiran lemak dalam makanan, membuat anda mudah lapar. Sehingga anda akan memasukkan sumber karbohidrat lebih banyak.

Lemak tetap dibutuhkan, dan kecukupan akan terpancar pada kondisi kulit, mata, dan rambut anda. Yang perlu dihindari adalah lemak dari makanan olahan yang kadang juga mengandung gula, seperti eskrim, makanan Yang di goreng dan daging steak. Anda masih membutuhkan lemak baik, misalnya dari ikan laut (tuna, salmon, sardin) buah (avokad), dan kacang-kacangan.

Selain minyak esensial dan asam lemak omega-3 yang bersifat anti radang dan melancarkan pencernaan, sumber lemak dari makanan yang disebut tadi juga menjaga berat badan optimal. Lemak dalam kadar cukup juga dibutuhkan untuk keseimbangan tubuh. Minyak dari ikan dan buah-buahan akan membantu merangsang pembakaran lemak, yaitu berarti membantu proses penurunan berat badan.

Kurang Cukup Protein
Kurang mengkonsumsi protein, sehingga menjadi terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Banyak orang yang suka makanan yang bersumber karbohidrat yang diproses, seperti roti, pasta, makanan kaleng, dan sebagainya. Sebaiknya, setiap kali anda makan harus cukup protein. Jika anda menghindari daging, pilih protein nabati, seperti tempe, tahu, polong-polongan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Gemar Cabai
Kabar baik bagi penggemar makanan pedas dan berbumbu. Menurut ahli gizi, cabai dan bumbu dapat meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh sesaat yang membantu proses pembakaran lemak, tanpa anda lakukan apapun. Masih ada bonusnya : makanan kaya bumbu dan rempah bersifat melezatkan makanan sehingga anda lebih cepat terpuaskan ketimbang makan makanan yang hambar tak berbumbu. Artinya, anda sudah merasa cukup dengan jumlah yang sedikit.

Alternatif yang juga memicu penurunan berat badan adalah rumput laut, seperti nori dan arame. Keduanya kaya mineral yodium yang akan membantu menambah kecepatan metabolisme basal ( pembakaran energi pada saat tubuh sedang istirahat).

Trik Jamuan Lezat
Memang sayang melewatkan makanan lezat, kecuali anda tahu triknya. Mulailah dengan makan salad. Serat dalam sayuran dan buah akan memberi rasa kenyang, sehingga anda dapat berhemat pemasukan dari makanan utama yang biasanya berkalori tinggi. Bila anda bisa menikmati satu porsi salad, biasanya anda tidak akan sanggup lagi makan lebih banyak.

No comments:

Post a Comment