Tuesday, May 11, 2010

Memilih Obat Batuk Yang Efektif dan Efisien

Setiap zat aktif obat adalah bahan kimia yang bisa berbahaya bagi tubuh. Karena itulah, Anda diwajibkan membaca label pada kemasan obat yang Anda beli walaupun obat bebas termasuk kategori obat yang aman dikonsumsi.

Selain untuk mengetahui indikasi obat, masa kadaluarsa, Anda bisa melihat apa saja kandungan obat.

Mengenali jenis batuk akan membantu penyembuhan batuk secara efektif. Untuk batuk yang berdahak, Anda harus memilih obat batuk jenis eksektoran. Ada dua karakter ekspektoran, yakni sebagai pemecah lendir juga mencairkan lendir. Obat batuk ekspektoran juga biasa dikenal sebagai obat batuk hitam (OBH).

Obat ini diminum selepas makan dan atau menjelang tidur. Biasanya dosis anak lebih kecil dari dewasa yaitu berkisar antara 200-400 mg setiap 4 jam. Sementara untuk anak-anak 2-6 tahun berkisar 100-200 mg setiap 4 jam.

Untuk batuk kering, Anda membutuhkan obat penekan batuk atau antitusif. Obat ini umumnya mengandung dekstrometorfan hidrobromida, noskapin dan difenhidramin HCI. Dosis anak 5-10 mg untuk pemakaian 3 kali sehari, semantara dewasa 10-20 mg untuk pemakaian 3 kali sehari.

Kiat memilih obat batuk

Kemasan. Kemasan dapat mempengaruhi pilihan orang untuk jatuh keproduk tertentu biasanya konsumen mempertimbangkan kemudahan kemasan yang menarik dan flesibel. Batuk sering datnag setiap saat atau ketika Anda sednag dalam perjalanan jauh. Kemasan yang kecil atau bentuk tablet lebih mudah disimpan dan dibawa. Kemasan yang berwarna-warna lebih menarik untuk anak-anak.

Harga. Masalah harga sangat relatif. Harga yang mahal biasanya disesuaikan dengan kandungan obat yang dapat menyembuhkan batuk sekaligus gejala lain sperti gatal dan nyeri tenggorokan serta permasalahan napas lain.

Mengandung komponen yang spesifik. Kebanyakan obat batuk yang sekarang ini sering memiliki kandungan ekspektron yang memecah lendir sekaligus menekan batuk. Obat akan lebih efektif jika kegunannya spesifik.

Sebaiknya Anda tidak membiasakan mengonsumsi obat flu untuk meredakan batuk. Flu adalah sekumpulan gejala seperti demam, sakit kepala, pilek, dan batuk berdahak. Anda hanya perlu meredakan batukk, kalau bisa tanpa kantuk, tidak membuat jantung berdebar atau beresiko membuat maag.

Sekali pakai, buang. Kemasan model ini lebih efektif dari segi pemakaian dan terhindar dari kadaluwarsa serta kemungkinan obat batuk tercemar karena tutupnya telah dibuka.

Kemasan besar. Kemasan seperti ini untuk persediaan jangka panjang terutama bagi keluarga. Hanya dosis dan ukurannya harus disesuaikan terutama untuk anak-anak.

Efek samping kecil. Hal ini sangat penting untuk menghindari risiko akibat pemakaian terus menerus.

No comments:

Post a Comment